Sabtu, 02 Januari 2016

Tempat Wisata Air Terjun di Banyuwangi

Macam - Macam Air Terjun di Banyuwangi


1. Air Terjun Lider
Pertama adalah air terjun lider yang terletak di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon Banyuwangi Jawa Timur.  Air Terjun Lider sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Banyuwangi, merupakan daya tarik wisata yang masih sangat alami. Air terjun lider  berada di kawasan hutan lindung yang juga masuk dalam pengawasan Kawasan Resort Pemangkuan Hutan (KRPH), Perhutani Sidomulyo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kali Setail Kecamatan Sempu.
Dinamakan Air Terjun Lider dikarenakan terletak di kawasan hutan lindung petak 74, Blok Lider. Air Terjun yang terletak di lereng Timur Gunung Raung ini, berjarak sekitar 45 km dari Kota Banyuwangi. Air terjun ini mudah di jangkau kendaraan umum. Lelah, karena memang perjalanan yang lumayan sulit untuk dilalui, terasa sirna terbayar sudah ketika kita menyaksikan pesona dan keindahan air terjun setinggi 60 meter dengan ketinggian 1.300 meter ini.
Yang membuat air terjun Lider terlihat indah dan mempesona adalah dinding tebing dua jurang yang menghimpitnya. Dinding tebing dua jurang itu berupa batu-batu besar yang berdimensi rata. Serta di sekitar Air Terjun Lider juga terdapat empat air terjun lain yang merupakan bagian dari air terjun utamanya. Juga dikatakan bahwa saat matahari sedang terbit, panorama di depan Air Terjun Lider sangat menakjubkan. Sinar matahari yang mulai merambat terbias oleh butiran-butiran air yang memercik dari air terjun, sehingga membias jadi pelangi.


2. Air Terjun Tirto Kemanten
Air Terjun Tirto Kemanten terletak di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Air TerjunTirto Kemanten sering disebut juga Air Terjun Wonorejo ini terletak di lereng Gunung Raung dengan pemandangan alam disekitarnya berupa tanaman kopi dan coklat. Sekitar 60 Km dari kota kabupaten Banyuwangi menuju arah selatan, menyusuri jalan perkebunan kopi dan coklat yang merupakan peninggalan masa kolonial Belanda, tersembunyi satu kecantikan alam yaitu air terjun Tirto Kemanten ini.
Air Terjun ini terdiri dari dua air terjun yang tingginya mencapai 10 meter dan posisinya berdekatan hanya dipisahkan oleh batu besar. Oleh kareananya Air Terjun ini dinamakan Tirto Kemanten yang berarti air pengantin, karena air terjun ini merupakan air terjun kembar atau terdapat dua aliran yang letaknya bersebelahan mirip pengantin yang bersanding.
Namun bagi anda yang hanya ingin bersantai sambil mengagumi air terjun kembar yang memiliki ketinggian sekitar 10 m tersebut, bisa duduk dan berteduh di bawah bangunan joglo tanpa dinding yang berada di pinggir tanggul, letaknya persis berhadapan dengan air terjun


3. Air Terjun Selogiri

Air Terjun Kali selogiri terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya tidak jauh dari Wisata Agro Kali selogiri yang berjarak hanya 2,5 km. Keindahan Air Terjun Kali selogiri terletak pada tempatnya yang alami, air mengucur dari atas tebing dan jatuh diantara pepohonan yang rimbun, seolah para wisatawan yang berkunjung sedang berada di kanopi dengan air terjun didekatnya.
Nama lain Air Terjun Selogiri juga dikenal sebagai Grojogan Melati.  Air terjun ini mempunyai 7 buah air terjun, dimana enam diantaranya berundak-undak dalam satu jalur dan letaknya berdekatan  satu sama lain (sekitar 100 m).  Sedangkan satu buah air terjun letaknya terpisah.  Ketinggian air terjun ini rata-rata berkisar 10 m akan tetapi ada yang juga yang mencapai 30 m tingginya.
Ke tujuh air terjun ini (dari posisi bawah menurut urutan letaknya) adalah Air Terjun Batu Anjlok, Kedung Dandang, Kedung Bunder, Kedung Turuk, Jurang Gandil, Watu Kandang, Padusan, Kali Tangan dan Kali Telu.Randu Alas dan Gua Gunung Kedung Ringin

 4. Air Terjun Kali Bendo
Source : screamfoldism.heck.in

Dan yang terakhir adalah Air terjun kali bendo. . Kalibendo adalah salah satu dari sekian tempat wisata alam di banyuwangi, letak tempat wisata kalibendo. Air Terjun Kali bendo terletak di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Air Terjun Kali bendo memiliki ketinggian mencapai 10 meter dan berada didalam kawasan Agro Wisata Kalibendo, dimana terdapat perkebunan kopi, karet dan cengkeh. Kawasan Agro Wisata Kali bendo ini terletak di kaki Gunung Ijen.

Perjalanan dari kota Banyuwangi menuju Air Terjun Kali Bendo memakan waktu 1 jam. Lokasi air terjun berada di utara kota Banyuwangi, satu arah dengan lokasi wisata terkenal para turis lokal dan mancanegara, Kawah Ijen. Lokasi yang dekat dengan Pegunungan Ijen menjadikan lokasi ini masih asri dan sejuk. Setelah memasuki wilayah lokasi wisata, kita tidak langsung dipertemukan dengan air terjun, tapi terlebih dahulu harus melewati jalan setapak dan juga sungai yang masih jernih.

Dari hilir ke hulu, traveller harus menyusuri sungai kurang lebih sejauh 500 meter. Karena sungai tidak terlalu dalam, jadi masih bisa disusuri tanpa takut terbawa arus atau tenggelam. Dan, setelah melewati beberapa tikungan sungai, akhirnya kita bisa menemukan air terjun setinggi 10 meter.

Dalam perjalanan menuju kalibendo, traveller akan tercengang melihat pemandangan sekitar, karena dalam perjalanan akan di suguhi bermacam pemandangan yang masih asri dan alami di antaranya kebun karet, kebun kopi, kebun cengkeh, pedesaan yang masih alami, dan jalan berliku yang naik turun walaupun tak begitu curam memberi daya tarik tersendiri bagi traveller yang berjiwa petualang.


5.Wisata air terjun telunjuk dewa raung,

 Wisata ini memiliki bentuk yang sangat unik yaitu air terjun ini seperti jari telunjuk orangdewasa, sehinggan tempat wisata ini dinamakan air terjun telunjuk dewa raung.
TEMPAT WISATA AIR TERJUN DEWA RAUNG BANYUWANGI
Wisata ini berlokasi di desa sumber arum kec songgon banyuwangi. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 20 meter.
Sumber:http://www.unic77.net/2015/08/4-air-terjun-di-banyuwangi-yang-wajib-dikunjungi-oleh-traveller.html

Baca juga artikel berikutnya tentang Wisata Pantai di Banyuwangi

1 komentar:

  1. air terjun ini lagi hits banget di Banyuwangi karena penambahan beberapa fasilitas seperti rumah pohon yang menjadi spot foto keren guys. airnya dingin banget kayak air es, bening kayak oppa-oppa Korea, hehe.. http://traveltime-ku.blogspot.co.id

    BalasHapus